Strategi & Sasaran

icon front default3

Sasaran dan Strategi Pencapaian
Prodi D3 Kimia memiliki Sasaran dan Strategi Pencapaian

  1. Mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan profesi di bidang Kimia.
  2. Mampu untuk memenuhi kebutuhan tenaga trampil di bidang analisis maupun kendali mutu yang handal dan trampil khususnya di Sumatera Utara dan di Indonesia pada umumnya.
  3. Memiliki landasan pengetahuan kimia yang kokoh untuk mengembangkan diri, melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, pengembangan ilmu kimia dan penelitian yang berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Memiliki sikap seorang ilmuan yang tanggap terhadap tuntutan pembangunan, serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan lapangan pekerjaan.
Item Tahun
2015 2016 2017 2018 2020
GKM dan GJM ada ada ada ada ada
IPK 3,01 3,1 3,2 3,3 3,5
Masa Studi (Tahun) 3,03 3,02 3,01 3,00 3,00
Waktu Tunggu (Bulan) 8 7 6 5 4
Kehadiran Dosen (%) 95 96 97 98 98
Publikasi Penelitian Nasional (setiap dosen) 1 1 2 2 2

Publikasi Penelitian Internasional

(setiap dosen)

1 1 1 2 2
Jumlah Dosen S3 (%) 69 72 75 85 100
Pengabdian Masyarakat (%) 10 12 13 14 15

 

Strategi Pencapaian Sasaran:

  • Strategi dan prosedur pembelajaran dalam pelaksanaan teknis akademis dituangkan dalam buku Manual Prosedur (MP 10 Prosedur Penyediaan Prasarana, MP 11 Prosedur Pendataan Mahasiswa Baru, MP 12 Prosedur Perwalian, MP 13 Prosedur Perkuliahan, MP 14 Prosedur Pelaksanaan Ujian Tengah Semester dan Akhir Semester, MP 16 Prosedur Penyelesaian Karya Ilmiah, MP 19 Prosedur Penyusunan Kurikulum, MP 23 Prosedur Pelaksanaan Praktikum, MP 26 Prosedur Karya Ilmiah , instruksi kerja dan dimonitoring oleh GKM (Gugus Kendali Mutu) ditingkat Program Studi, GJM (Gugus Jaminan Mutu) di tingkat Fakultas dan tim auditor dari UMM (Unit Manajemen Mutu) di tingkat Universitas.
  • Upaya untuk mencapai target rata-rata IPK lulusan 3,50 yaitu dengan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menambahkan sarana dan prasaran seperti: in focus di setiap ruang belajar, laboratorium kimia dengan peralatan yang memadai, ruang seminar dan diskusi mahasiswa yang ber AC. Selanjutnya meningkatkan kualitas pengajar dengan keikutsertaan dalam pelatihan-pelatihan bidang ilmu untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan studi lanjut bagi staf pengajar.
  • Waktu studi rata-rata sekitar 3 tahun konstan setiap tahunnya, Upaya yangdilakukan menyelesaikan masa studi mahasiswa antara laindengan memberi motivasi belajar dan strategi belajar yang dilakukan oleh dosen penasehat akademikminimal 4 (empat) kali setiap semester (Pengisian KRS, Perbaikan KRS, Sebelum UTS, Sesudah UTS dan Menghadapi UAS).
  • Upaya lainnya adalah menyelenggarakan pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Tugas Akhir (TA) dengan tujuan mahasiswa mengenal dunia kerja dan lebih siap dalam mengerjakan TA agar mempercepat proses pengerjaan TA serta meningkatkan kualitas pengerjaan TA. Selain itu, dengan adanya GKM dan GJM secara rutin melakukan monitoring dan memperbaharui (merevisi) standar proses pembelajaran sehingga dapat membantu mahasiswa agar lebih cepat dalam menyelesaikan perkuliahannya.
  • Peningkatan serapan lulusan Diploma Kimia oleh dunia kerja ditargetkan meningkat 10% setiap tahunnya, hingga tahun 2020 mencapai 90%. Adapun upaya yang dilakukan untuk meningkatkan daya serap lulusan adalah dengan meningkatkan kerjasama dengan dunia usaha, meningkatkan publikasi kompetensi lulusan, meningkatkan komunikasi dengan alumni yang sudah bekerja di berbagai bidang sehingga dapat memberikan informasi adanya kesempatan atau lowongan kerja. Waktu tunggu kerja lulusan Program Studi D3-Kimia lebih singkat menjadi rata-rata 4 bulan. Adapun upaya yang dilakukan untuk mempersingkat waktu tunggu ini adalah melalui program kerja sama antaraUniversitas Sumatera Utara dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri, mengadakan job fair, serta menyediakan bursa tenaga kerja oleh Pusat Jasa Tenaga Kerja USU.
  • Jumlah dosen yang berkualifikasi Doktor (S3) tahun 2020 mencapai 90%. Upaya yang dilakukan adalah dengan memberi kesempatan studi lanjut di dalam dan di luar negeri, dan menginformasikan program beasiswa studi lanjut.
  • Meningkatkan Persentase Kehadiran Dosen di perkuliahan hingga mencapai rata-rata 95% pada tahun 2020. Upaya yang dilakukan adalah melalui proses monitoring dan evaluasi proses belajar mengajar dankegiatan dosen secara berkala, yang diumumkan pada waktu rapat dosen, dan memberikan peringatan, teguran hingga hukuman bagidosen yang tidak memenuhi kecukupan kehadiran mengajar (Contohnya: Jika kehadiran dosen belum memenuhi, maka diwajibkan dosen menambah waktu pemberian kuliah sehingga bisa ujian tengah semester atau ujian akhir semester. Dalam penyampaian nilai, jika terlambat dari waktu yang sudah ditetapkan oleh Fakultas, maka dosen yang bersangkutan diberikan sanksi dengan mengurangi jumlah sks pada semester berikutnya. Dan nilai mata kuliahnya diberikan nilai semua mahasiswa kategori B).
  • Menambah kuantitas penelitian hingga 10% dari keadaan sebelumnya, jumlah publikasi pada jurnal nasional meningkat hingga 15% dan di tingkat jurnal internasional meningkat hingga 5 %. Jumlah serapan dana penelitian yang bersumber dari luar Universitas meningkat hingga 15 %.Jumlah pengabdian pada masyarakat meningkat hingga 15 %.
    Lulusan Program Studi D3 Kimia FMIPA USU menghasilkan lulusan yang:
    a. Beretika, jujur dan profesional.
    b. Mampu bersaing di pasar kerja.
    c. Dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan bidang aplikasi Kimia